Ingin Awet Muda? Konsumsilah Jamur, Ini Penjelasannya

Reckonwordwide.com – Dalam dunia memasak ada salah satu bahan makanan yang sangat digemari yaitu jamur, olahan dari jamur ini memang sangat enak dan menggugah nafsu makan. Jamur sendiri tidak hanya enak akan tetapu juga kaya akan manfaat.

Menurut sebuah penelitian diketahui jika jamur mengandung dua jenis antioksidan dalam jumlah tinggi, dan antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dapat
mencegah penuaan dini dan melawan sakit yang terkait dengan usia lanjut.

Kedua senyawa antioksidan tersebut adalah ergothioneine dan glutathione. Seorang Profesor Emeritus di Pennsylvania State University Amerika Serikat bernama
Robert Beelman bahkan mengatakan jika dua antioksidan tersebut sangat bagus untuk untuk anti-aging.

“Jamur merupakan sumber diet tertinggi dari kedua antioksidan yang digabungkan dan beberapa jenis jamur benar-benar dikemas dengan ergothioneine dan glutathione,” tutur Beelman.

Penelitian Beelman itu telah dipublikasi dalam jurnal Food Chemistry, yang menulis bahwa jumlah ergothioneine dan glutathione pada berbagai jenis jamur memang bervariasi. Paling tinggi ditemukan pada spesies porcini, sebuah varietas liar yang populer tumbuh di Italia.

Penelitian tersebut dikatakan Beelman dilakukan pada 13 jenis spesies jamur yang ada. “Kami menemukan bahwa porcini memiliki ergothioneine dan glutathione tertinggi, sejauh ini yang kami uji,” lanjut dia.

Penelitian tersebut mengemukakan jika jenis jamur warna putih yang juga banyak dijumpai di berbagai negara, jumlah antioksidannya paling rendah, akan tetapi jika dibanding makanan lain ia masih lebih tinggi.

Antioksidan tersebut membantu mengurangi efek buruk dari radikal bebas, yang mengoksidasi makanan dan memengaruhi kesehatan dan keremajaan kulit. Karena itu disarankan untuk konsumsi jamur dalam berbagai jenis yang ada, sebagai salah satu cara mencegah penuaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *