Keong Sawah Lebih Baik Dari Pada Daging, Ini Penjelasannya

Reckonwordwide.com – Apakah anda termasuk yang belum pernah mengonsumsi olahan dari keong sawah? sayang sekali jika memang demikian, perlu dikatahui jika keong sawah memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh.

Fakta ini sendiri telah dibuktikan oleh dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Asih Setriarini Ir Msc dan juga Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Sebetulnya, daging enggak bagus. Kalau kita bandingkan dengan sumber protein lain, daging yang lemaknya paling tinggi. Jadi, saya pribadi, kalau beralih ke keong sawah justru bagus,” tutur Asih.

Bahkan, keong sawah dikatakan lebih baik daripada daging karena keong sawah tidak memiliki kandungan lemak jenuh, sementara daging tinggi lemak jenuh. Hal tersebut membuat keong sawah lebih baik untuk dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Cianjur, mengemukakan jika keluarga yang memberi makan anak-anak balita mereka lauk keong ternyata mempunyai gizi yang cukup baik.

“Keong sawah ini proteinnya bagus. Pada masa pertumbuhan seorang anak, yang mereka butuhkan adalah protein,” tandas Asih lagi. “Makanya, saya enggak makan daging enggak papa. Bisa diganti dengan telur, ayam, atau keong sawah ini.”

Asih juga menambahkan, di Indonesia ada banyak makanan sumber protein yang bisa diperoleh dengan harga lebih murah. Misalnya saja ikan, jamur, tempe, tahu dan banyak lagi. Termasuk yang dianjurkan oleh Mentan, yakni keong sawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *