Habis Kecelakaan? Lakukan Cara Ini Untuk Deteksi Patah Tulang

Reckonwordwide.com – Lebih dari 2 juta kasus pertahun di Indonesia tentang cidera patah tulang, melihat catatan ini patah tulang merupakan cidera yang umum. Penyebab dari patah tulang ini juga beragam seperti karena insiden jatuh yang membuat trauma dan kecelakaan atau tertimpa sesuatu.

Namun, dari beberapa orang yang mengalami kecelakaan atau jatuh tidak semua mengetahui apakah ada tulang yang patah karena merasa tidak terasa apa-apa dan tetap biasa saja.

Menanggapi hal ini, seorang dokter spesialis tulang dari RS Hasan Sadikin Bandung, dr. Andri Primadhi, SpOT memberikan pengetahuan tentang cara untuk mendeteksi adanya cedera patah tulang.

“Cara mendeteksi patah tulang bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu meraba, melihat, dan menggerakkan, jadi dengan cara seperti ini kita bisa mengetahui kondisi tulang kita,” kata dr. Andri.

Patah tulang menurut dr. Andri bisa dilihat dari jika adanya anggota badan yang bengkok, memendek, atau terpuntir, dan akan ada perbedaan jika dibandingkan dengan anggota badan yang normal. Adanya luka dengan patahan tulang yang menyembul bisa menjadi pertanda mengalami patah tulang.

Selain dari cara diatas, ada sebuah cara lagi seperti meraba, lakukan dengan mengecek apakah ada rasa nyeri bila ditekan dan meraba adanya pergerakan tulang yang patah.

Bagi yang mengalami patah tulang pastinya akan kesusahan jika harus menggerakkan anggota badan yang patah, baik secara aktif maupun pasif, hal ini dikarenakan adanya rasa nyeri.

“Kalau tulangnya sudah patah tidak bisa menahan beban seperti orang biasa, misalnya tidak bisa berdiri bila ada patah tulang paha atau tulang kering,” tegas dr. Andri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *