Cara Pemilihan Minyak Sehat Untuk Keluarga

Reckonwordwide.com – Seorang dokter yang sering mengikuti kegiatan sosial, Lula Kamal membeberkan bagaimana cara dirinya dalam memilih minyak goreng yang baik dan sehat untuk keluarga.

“Sebenarnya semua minyak goreng itu sama saja, saran saya kalau pilih minyak goreng, beli saja yang minggu itu diskonnya paling murah,” tutur Lula Kamal di Jakarta, Kamis.

Menurut Lula Kamal, semua minyak itu sebenarnya memberikan dampak yang pada tubuh jika dipanaskan.

“Intinya bukan minyak goreng ini mengandung vitamin ini, atau minyak goreng ini anti-kolesterol, tapi nyatanya, tubuh kita ini punya mesin yang membuat LDL atau kolesterol jahat,” tutur Lula.

“Jadi mau minyak goreng semahal apa pun kalau dipanaskan akan rusak, termasuk olive oil,” tegasnya.

Kesamaan dari semua minyak jika dipanaskan adalah mengalami reaksi kimia yang mengubah kolesterol baik (HDL) menjadi kolesterol jahat (LDL). LDL bisa begabung dengan lemak dan zat lain yang menumpuk pada dinding arteri dan mengakibatkan penyumbatan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

“Disarankan pakai minyak goreng sekali saja, saat gorengan pertama kadar LDL dan HDL seimbang, tapi untuk gorengan berikutnya LDL akan semakin meningkat,” ucapnya.

Lebih lanjut, dokter Lula Kamal juga menyarankan untuk santan sebaiknya jangan dipanaskan dan Lula Kamal juga menyarankan untuk santan dibuat dengan air matang sehingga nanti tinggal ditambahkan dalam masakan.

“Jadi masak dulu semua bahanyya, kalau sudah matang baru tambahkan santannya. Mau sayur lodeh mau gulai rasanya juga sama saja, saya memasaknya begitu,” tutur dia.

Dokter Lula Kamal juga berbagi pengalaman yang menghindari cara memasak yang digoreng, namun keluarganya terutama anak-anak sangat menyukai ikan goreng dan hal itu membut sulit untuk tidak menghadirkan menu gorengan.

“Saya mengurangi minyak, tapi anak suka banget lele goreng. Kalau masakan ditumis atau direbus mereka gak suka,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *