Hindari Makanan Berikut, Supaya Jauh Dari Asam Urat

Reckonwordwide.com – Asam urat adalah kondisi dimana tubuh merasa gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Asam urat sendiri dipicu karena peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh, atau bahasa medisnya adalah hiperuresemia.

Adapun penyebab terjadinya asam urat yaitu karena tubuh kita menerima asupan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Purin sendiri adalah yaitu bahan pembentuk asam urat, merupakan faktor utama penyebab penyakit ini.

Melihat kondisi ini, tentu penting bagi kita yang tidak ingin terkena asam urat untuk paham dan mengetahui makanan apa saja yang mengandung tinggi purin yang dapat memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh.

1. Makanan laut

Makanan laut atau biasa dikenal dengan seafood ada banyak macam jenisnya, namun ada beberapa yang memiliki kadar purin yang tinggi diantaranya adalah kerang, udang, atau lobster. Jadi usahakan untuk membatasi konsumsi makanan laut tersebut agar tubuh terhindar asam urat.

2. Jeroan

Selain dari makanan laut, makanan yang biasa kita jumpai diwarteg juga ada beberapa yang memiliki kadar purin tinggi, contohnya adalah jeroan dan jeroan ini antara lain hati, ginjal, babat, rempela, serta kikil.

3. Daging merah

Jenis daging yang banyak mengandung purin adalah daging merah. Saat daging merah masuk ke dalam tubuh dan dicerna ke dalam saluran pencernanan, enzim pencernaan akan memecah protein pada daging ke dalam bentuk asam amino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *