Diet CICO Solusi Makan Banyak Waktu Diet

Reckonwordwide.com – Diet Calorie In Calorie Out (CICO) sebenarnya adalah cara diet yang sudah ada sebelumya, namun akhir-akhir ini diet CICO kembali muncul dan diperbincangkan di kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan.

CICO sendiri merupakan istilah dari ‘Calories In, Calories Out’. Menanggapi kembalin populernya diet CICO sekarang, seorang dokter memberikan penjelasan untuk melakukan diet CICO ini.

Dikutip dari sebuah postingan di laman Klikdokter, dr. Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan jika diet CICO ini untuk menjaga supaya kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak lebih besar dengan kalori yang terpakai selama tubuh bergerak. Artinya, tubuh selalu berada dalam kondisi keseimbangan energi negatif.

Dengan melakukan diet CICO memungkinkan pelaku diet untuk memakan jenis makanan apapun yang mereka sukai, dalam bentuk apapun yang mereka inginkan. Namun, selama mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang mereka bakar. Jadi tidak akan ada batasan makan lagi selama kita menjalankan diet CICO ini.

Meskipun manjajikan hasil yang instan. Namun, diet CICO ini tentu memiliki kekurangan dibalik kelebihannya. Dokter Sepriani juga menjelaskan jika metode diet ini hanya fokus perhatian pada jumlah kalori yang masuk dan keluar dari tubuh. Namun. pembentukan metabolisme tubuh tidak sesederhana dan semudah itu.

“Setiap makanan yang masuk akan menjalani metabolisme yang kompleks dan melibatkan berbagai enzim dan hormon. Jika hanya fokus pada jumlah kalori, Anda akan rentan kekurangan berbagai nutrisi penting lainnya.”

Dokter Sepriani juga menghimbau untuk para pelaku diet CICO untuk tidak bergantung pada diet belaka.

“Sebagai contoh, Anda mengonsumsi total 1.500 kkal per hari yang diperoleh dari konsumsi kue manis atau cokelat saja. Kemudian Anda melakukan aktivitas fisik dan menghabiskan kalori sebanyak 1,500 kkal. Secara perhitungan, mungkin tampak sudah berhasil dan seimbang antara kalori yang masuk dan keluar. Namun, jenis zat gizi yang masuk dalam tubuh bisa saja tidak lengkap. Anda hanya mengonsumsi karbohidrat saja, sementara untuk kebutuhan protein, lemak, vitamin, dan mineral belum terpenuhi.”

Jadi untuk para pelaku diet CICO yang merasa tidak yakin untuk menjalani metode diet ini, perlulah melakukan konsultasi dengan dokter ahli gizi untuk mendapatkan metode diet terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *