Benarkan Wanita Lebih Rentan Terkena Diabetes?

reckonwordwide.com – Diabetes merupakan penyakit berbahaya nomer 3 di Indonesia. Diabetes dapat menyerang siapa saja. Namun, diakui oleh Dokter Antonius Ritchi Castilani, MS.I,
dibandingkan dengan laki-laki, pihak wanitalah yang lebih rentan terserang penyakit ini.

“Diabetes memang tidak mengenal jenis kelamin, tapi data dari IDF menunjukkn 1 dari 10 wanita sekarang hidup dengan dibetes,” ucap dr Antonius Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida (UKRIDA) di Bogor, Jawa Barat.

Maraknya makanan cepat saji dari negara lain, menjadi salah satu faktor wanita lebih rentan terkena diabetes. Menurut Antonius Ritchi, gaya hidup dan pola makan wanita sekarang tidak berimbang dan memicu hidup yang tidak sehat.

“Wanita juga kurang akses untuk melakukan olahraga rutin. Banyak pasien mengaku sudah berolahraga, jalan kaki ke pasar. Itu bukan olahraga,” ujarnya.

Dokter Antonius Ritchi juga menambahkan, bahwa harus ada bimbingan tata cara hidup sehat kepada masyarakat.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang, membuat semua dapat di akses dengan mudah. Tentu hal ini membuat masyarakat malas untuk bergerak dan berolahraga.

“Tapi ini bisa memicu munculnya diabetes,” tutur Antonius.

Tentu hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus, terlebih lagi dengan catatan bahwa satu dari tujuh bayi yang lahir kemungkinan terkena diabetes.

“Jalan santai salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes. Ini perlu terus dikampanyekan melibatkan pemerintah dan pemangku kepentingan, termasuk swasta,” tutur Antonius.

Di Indonesia sendiri diabetes menjadi pembunuh nomer 3  setelah stroke dan penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *