BPOM: Tidak Ada Obat Herbal Dapat Obati Kanker di BPOM

 

 

Reckonwordwide.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan sampai sekarang ini tidak ada obat herbal yang terdaftar di BPOM yang bisa mengobati penyakit kanker.

“Untuk edukasi masyarakat, obat herbal tradisional, jamu terstandar itu belum ada untuk kanker,” ungkap Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM Ondri Dwi Sampurno, di Jakarta, Kamis.

Dia mengungkapkan jamu ataupun obat herbal yang berstandar yang digunakan untuk membantu menambah sistem imunitas tubuh pada kanker, bukan digunakan untuk mengobati kankernya.

Menurutnya, Jamu hanya memiliki bukti ilmiah yang berdasarkan empiris sehingga hanya dapat membantu menambah sistem imunitas tubuh bagi penderita kanker.

“Untuk penderita kanker yang sudah dinyatakan secara medis, jamu atau obat herbal untuk membantu memelihara kesehatan pada penderita kanker, sampai sekarang memang masih belum ada (untuk pengobatan),” tuturnya.

Dia juga mengatakan pengesahan obat herbal berstandr tidaklah mudah ikarena harus memiliki data klinis yang cukup.

Komite Manufacturing PP GP Farmasi Indonesia Barokah Sri Utami mengungkapkan obat herbal dengan ukuran yang diatur tidak dianjurkan dikonsumsi secara berkesinambungan tetapi hanya bersifat komplementer.

Dia menegaskan pada penderita kanker mempunyai risiko bila mengkonsumi obat yang bereaksi lambat.

“Ciri khas jamu dan obat herbal ini reaksinya tidak secepat obat kimia. Obat herbal ini digunakan sebagai preventif,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *