Cara Menghilangkan Efek Kafein Yang Berlebihan

 

 

Reckonwordwide.com – Mungkin diantara kalian ada salah satu orang yang menggemari minuman kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Boleh saja mengkonsumsi minuman-minuman tersebut asal dalam batas tertentu dan tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

Mengkonsumsi zat kafein dalam takaran yang tinggi akan membuat kalian merasa lebih cemas dan efek waspada, hal tersebut akan menyebabkan pelepasan hormon adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung.

Jumlah kafein yang disarankan setiap harinya yaitu sekitar 400mg atau setara dengan empat cangkir kopi. Setiap orang mempunyai toleransi yang berbeda dari tubuhnya terhadap suatu zat tertentu, termasuk kafein. Tetapi kalian akan merasa kurang sehat bila mengkonsumsi kafein lebih daru 400mg dalam satu hari.

Priya Kathpal yang merupakan seorang ahli gizi memaparkan cara untuk menghilangkan efek kafein yang terlalu berlebihan seperti berikut :

1. Memperbanyak minum air putih, usahakan tubuh selalu terhidrasi dengan baik untuk meredakan gejala karena overdosis kafein

2. Memakan makanan yang mengandung potasium serta magnesium, kafein akan meleburkan kadar potasium dan magnesium pada tubuh sehingga membuat kalian gugup dan tremor. Kalian dapat mengkonsumsi sayur hijau ataupun buah pisang untuk membantu mengatasinya.

3. Melakukan olahraga ringan akan membuat keadaan tubuh kalian lebih baik. Tetapi, bila kalian merasakan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, muntah, detak jantung tidak teratur maka sebaiknya kalian berkonsultasi dengan ahli medis.

Pada umumnya, dokter akan memberikan obat pencahar untuk mengeluarkan kafein dari tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *