Ini Alasan Mengapa Kuning Telur Berbeda-Beda

 

 

Reckonwordwide.com – Ternyata setiap telur ayam memiliki warna kuning telur yang berbeda-beda. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Hal ini karena adanya pengaruh makanan yang dikonsumsi oleh ayam sehingga menyebabkan warna kuning yang berbeda-beda.

Dikutip dari Reader’s Digest, Kamis (13/7/2017) dengan melihat warna kuning telur kita dapat mengetahui banyaknya jenis makanan yang di makan oleh ayam. Hal inilah yang dapat menmempengaruhi pigmen xanthophylls yang membentuk warna kuning telur.

Kuning telur yang berwarna orange terang itu menandakan pakan ayam yang banyak mengandung ekstrak lutein dan xantofil. Sedangkan warna kuning telur berwarna cenderung orange menandakan pakan ayam berasal dari daun marigold, jagung kuning, alfafa, kulit jeruk, alga. dan biji annatto sehingga menimbulkan warna orange.

Sedangkan bila ayam sering makan biji-bijian maka kuning telur akan berwarna kuning muda dan terang dan bila warna kuning telur sedikit ada kemerahan biasanya karena adanya ekstrak xanthophyll yang disebut zeaxanthin. Ekstrak xanthophyll biasanya ditemukan pada seperti paprika, kangkung, bayam, dan brokoli. Warna kuning telur yang seperti itu malah cenderung lebih banyak mengandung nutrisi, seperti karotenoid, omega-3 dan lutein.

Seorang asisten profesor klinis di Columbia University College of Physicians & Surgeons, Drew Ramsey, M.D mengatakan zat yang terdapat pada kuning telur dapat membantu meningkatkan kesehatan.

“Kuning telur adalah salah satu sumber makanan paling kaya kolin dan B-kompleks yang baik untuk fungsi saraf dan mengurangi peradangan,” kata Ramsey.

Diet kolin sangat baik bagi ibu hamil karena kolin dapat membantu perkmbangan otak pada janin. Selain itu kolin juga dapat membantu meningkatkan uasana hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *