Awas Kekurangan Cairan, Dehidrasi Menyerang !

 

 

Reckonwordwide.com – Ketika tubuh kekurangan cairan maka akan mengalami dehidrasi dan dampak dari dehidrasi menyebabkan tubuh menjadi lemas hingga kepala terasa pusing. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi sebaiknya kalian minum air putih tanpa menunggu haus terlebih dahulu.

“Untuk mencegah dehidrasi jangan menunggu sampai haus Anda minum. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan minum cukup cairan dingin setiap jam untuk menjaga warna normal cahaya dan jumlah urine,” kata Dr. Manny Alvarez dari Hackensack University Medical Center, Amerika Serikat.

Dan ketika sedang melakukan olahraga yang menguras energi dan dalam cuaca yang terik jangan ampai kalian tidak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kalian sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak empat gelas setiap jamnya supaya terhindar dari dehidrasi yang kerap menyerang.

Dan kalian juga harus menghindari mengkonsumsi minuman manis yang mengandung gula karena minuman manis akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih banyak.

Sebaiknya kalian tidak memaksakan aktivitas diluar ruangan ketika cuaca sedang sangat terik dan untuk melindungi tubuh ketika beraktivitas diluar ruangan sebaiknya menggunakan penutup kepala seperti topi atau payung serta menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat supaya kulit tetap bisa bernapas.

Kalian juga perlu memperhatikan makanan yang kalian konsumsi ketika cuaca sedang panas, sebaiknya kalian jangan mengkonsumsi makanan yang berat atau mengandung banyak lemak dan karbohidrat serta menghindari makan ketika makanan masih panas.

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kepala terasa pusing saja tetapi dapat menyebabkan keram dikaki maupun di oerut dan juga sembelit. Oleh karena itu, pastikan kalian mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *