Takjil Banyak Mengandung Lemak

 

Reckonwordwide.com – Agama menyarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis, banyak sekali jajanan pasar yang manis seperti cendol, kolak, sop buah, gorengan hingga minuman yang manis-manis seperti teh manis, sirup, biji salak, dan lainnya. Para pedagang makanan memanfaatkan momen ramadhan untuk berjualan takjil yang manis-manis. Tetapi takjil dan minuman ini tidak baik untuk dikonsumsi oleh perut yang kosong selama 12 jam.

“Takjil itu murni tepung dan gula. Baik tepung maupun gula adalah karbohidrat. Kemudian, ditambah lemak yang kita dapat dari santan takjil itu, kata Diana F Suganda MKes salah seorang Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro.

Meskipun dianjurkan untuk memakan makanan manis ketika berbuka puasa untuk meningkatkan kadar gula darah tetapi kalian harus mempertimbangkan pula kandungan kalori yang terkandung dalam makanan manis tersebut. Takjil merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi kalori.

“Takjil ini pun tinggi lemak jenuh, hati-hati,” ujar Diana

Walaupun demikian, tidak berarti serta-merta dilarang untuk memakan takjil ketika berbuka puasa. Kalian hanya perlu tahu bahwa takjil memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh karena banyak mengandung lemak dan kalori.

“Boleh-boleh saja makan takjil, tapi jangan setiap hari. Seminggu tiga kali masih boleh,” kata Diana menyarankan.

Menurutnya lebih baik mengkonsumsi jus buah atau kurma ketika berbuka puasa dan kemudian dilanjutkan dengan meminum segelas air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *