Meskipun Kurang Cairan Kulit Tetap Cantik Selama Puasa

 

Reckonwordwide.com – Kulit kering kerap kali terjadi ketika menjalani ibadah puasa, asupan cairan yang kurang dapat menjadikan kulit dehidrasi. Tetapi tidak serta-merta menjadikan kita beranggapan bahwa puasa menyebabkan kulit menjadi kering. Ini tidak tepat karena kulit kering bukan karena berpuasa.

Menurut dr. Kartika salah seorang dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung berpendapat bahwa kulit yang kering ketika berpuasa disebabkan karena kurangnya asupan cairan pada saat berbuka maupun saat sahur. Normalnya, Tubuh membutuhkan sekitar 2 liter atau setara dengan delapan gelas perhari.

Ketika bulan puasa pun kita dapat memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan menyiasatinya ketika berbuka dan ketika sahur. Ketika berbuka puasa hingga sebelum tidur diupayakan untuk meminum sekurang-kurangnya 4 gelas air putih dan ketika sedang sahur hingga mendekati waktu imsak juga demikian meminum air putih sampai 4 gelas.

“Jika kebutuhan air sekitar delapan gelas terpenuhi, maka tidak ada masalah bagi kesehatan kulit. Justru di bulan puasa kulit terlihat lebih glowing dan bersih, karena pada puasa Ramadan kebanyakan muslim lebih sering salat wajib maupun sunah,” kata dr. Kartika.

Dia juga berpendapat mengenai keadaan kulit semakin sering terkena air ketika cuaca kemarau maka kulit akan terlihat lebih segar dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *