Tularkan HIV Melalui Jarum Suntik Dibawah Kursi Bioskop

 

Reckonwordwide.com – Baru-baru ini beredar kabar bahwa bioskop tidak lagi aman. Diketahui terdapat sebuah jarum suntik yang diletakan di bawah kursi yang dapat mengakibatkan seseorang terkena HIV. HIV yang merupakan virus, dapat ditularkan melalui penggunaan jarum suntik yang bergantian, hubungan intim, transfusi darah, dan lain-lain.

4 faktor yang dapat meningkatkan risiko tertular virus HIV melalui jarum suntik menurut Centers for Disease Control and Pervention (CDC):

1. Kedalaman jarum yang menusuk

2. Jarum menusuk pada pembuluh darah vena atau arteri

3. Banyaknya darah yang masuk

4. Darah yang terlihat atau terdapat di dalam jarum

Sebuah penelitian menyatakan bahwa 0.3% atau 1:300 seseorang dapat terinfeksi HIV melalui jarum suntik secara tidak sengaja. Sedangkan jika seseorang yang darahnya telah terpapar infeksi HIV apabila tidak ada luka di kulit, maka risiko yang terjadi sebesar 0.1%. Hal ini disebabkan karena virus tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dan di tempat yang panas dengan suhu 600 derajat celcius.

Tetaplah berhati-hati, meskipun risiko yang terjadi sangatlah kecil. Untuk mengantisipasi jika kalian tertusuk, maka segeralah basuh daerah yang terkena dengan air yang mengalir atau cairan disinfektan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *