Penderita Maag Boleh Meminum Teh

 

Reckonwordwide.com – Bagi orang yang menderita sakit maag mengkonsumsi kafein adalah suatu pantangan besar karena memicu asam lambung akan meningkat. Tetapi meskipun teh mengandung kafein boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita maag ketika bulan puasa.

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan baik penderita maag ataupun yang tidak menderita maag ketika setelah makan sahur setelah itu perut akan kosong selama kurang lebih 8 jam. Hal ini akan membuat perut akan terasa banyak angin dan juga kadar gula darah tidak stabil.

“Nah, agar lambung beradaptasi, pas buka puasa dikasih teh manis dulu untuk menetralkan perut dan gula darah tadi,” kata dr. Ari

Kafein yang terkandung dalam teh manis hanya sedikit tidak seperti kopi dan juga minuman bersoda. Kadar kafein dalam teh masih aman bagi penderita maag. Namun bagi para penderita maag juga harus pilah-pilih dalam meminum teh. Bagi penderita maag tidak boleh mengkonsumsi teh yang terlalu pekat karena teh yang pekat memiliki kadar kafein yang tinggi.

“Bukan teh tubruk itu, ya. Itu kafeinnya juga tinggi. Dan juga jangan teh yang pekat,” kata dr. Ari

Dia menyarankan untuk tidak merendam teh terlalu lama supaya teh tidak terlalu pekat sehingga kadar kafein tidak terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *