Kurang Tidur Menyebabkan Nafsu Makan Meningkat

 

Reckonwordwide.com – Tidur yang cukup merupakan faktor penting untuk menjalani pola hidup sehat. Tetapi banyak orang yang menyepelekan hal ini, mereka yang bekerja hingga larut malam tidak memikirkan dampak pada kesehatan tubuh mereka. Ini sangat penting bagi kelangsungan hidup sehat haruslah memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat.

Dengan tidur yang cukup menjadikan keseimbangan otak tetap terjaga. Ketika pola tidur terganggu maka akan menimbulkan akibat yang bermacam-macam, misalnya perubahan nafsu makan. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh para peneliti dari University of Leeds.

Para peneliti melakukan pengamatan pada orang dalam hal waktu tidur mereka. Penelitian ini dilakukan selama dua malam dengan jam tidur norma, kemudian dua malam berikutnya tidur dengan waktu tiga jam sesudah jam biasanya, dan dua malam lagi tidur dengan waktu yang tidak ditentukan. Selama penelitian itu para peneliti juga mengukur kadar gula darah pada orang-orang tersebut.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukan orang yang mengalami waktu tidurnya tidak cukup nafsu makannya meningkat. Dan kadar gula darah mereka meningkat sama seperti penyandang diabetes tipe 2.

“Ketika kita kurang tidur maka nafsu hormon yang mengatur nafsu makan akan terpengaruh. Dampaknya kita akan lebih mudah merasa lapar dan sulit kenyang,” kata dr Eleanor Scott selaku pemimpin penelitian.

“Selain itu bila Anda masih bangun padahal seharusnya sudah tidur maka hormon stres, kortisol, akan meningkat. Hal ini juga bisa memengaruhi gula darah Anda esok harinya,” kata dr Eleanor menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *